Perangkat Desa Pasucen Gandeng Tim II KKN Undip dalam Sedekah Bumi

PATI– Sabtu (14/7), perangkat desa Pasucen mengadakan rapat pembentukan panitia guna pelaksanaan kegiatan sedekah bumi. Rapat yang dilaksanakan di balai desa Pasucen pada pukul 20.00 WIB ini dipimpin oleh kepala desa Pasucen, Ichwan Rosyadi. Rapat  kali ini juga dihadiri oleh Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) desa Pasucen.

Sedekah bumi sendiri sejatinya merupakan suatu bentuk upacara adat yang banyak dilakukan di daerah-daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Kegiatan ini umumnya bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang Tuhan limpahkan melalui hasil bumi. “Sedekah bumi ini rutin dilaksanakan di desa Pasucen sebagai bentuk rasa syukur atas rahmat yang telah Tuhan berikan serta untuk memohon agar senantiasa diberikan keselamatan”, ujar Ichwan. Ichwan juga mengatakan bahwa acara sedekah bumi ini rutin dilaksanakan oleh seluruh warga desa Pasucen yang terdiri atas 8 RW setiap tanggal 1 Muharam.

Panitia kegiatan sedekah bumi di desa Pasucen ini terdiri atas Ridho sebagai ketua, Sugiarto sebagai sekretaris, dan Nafiudin sebagai bendahara kegiatan. Selain membahas pembentukan susunan panitia, rapat kali ini juga sekaligus membahas mengenai pelaksanaan kegiatan. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2018 mendatang di lapangan desa Pasucen. Acara ini akan mengucurkan dana sebesar empat juta rupiah. Pada acara sedekah bumi ini akan ada beberapa acara seperti ketoprakan, ziarah ke beberapa tempat, serta berbagai kegiatan lain seperti olahraga. Pada acara sedekah bumi ini, Tim II KKN UNDIP desa Pasucen diminta untuk ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan