ARIS ABDUL HADI, S.Pd.I DILANTIK SEBAGAI KAUR PERENCANAAN DESA PASUCEN KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI

Bertempat di Balai Desa Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati, pada hari Senin, 25 April 2022 Jam 10.00 Wib – selesai, dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Perangkat Desa, Formasi Kaur Perencanaan oleh Kepala Desa Pasucen Wiwik Hadiyanto.

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji tersebut dihadiri oleh Muspika Kecamatan Trangkil : Camat Trangkil, Danramil 21/Trangkil, Kapolsek Wedarijaksa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, Pengurus RT / RW, Panitia Pengisian Perangkat Desa serta Tokoh Masyarakat.

Camat Trangkil, WAHYU WURIYANTO, S.STP. MM.  beserta Kapolsek Wedarijaksa dan Danramil 21/Trangkil mengucapkan Selamat atas terpilihnya Perangkat Desa Pasucen, Formasi Kaur Perencanaan yang baru dilantik, dengan harapan segera dapat beradaptasi bekerjasama menjalankan roda pemerintahan Desa Pasucen, mengoperasionalkan Siskeudes yang merupakan kelengkapan administrasi IT.

Kepala Desa Pasucen, WIWIK HADIYANTO  Melantik dan Mengambil Sumpah/Janji Perangkat Desa terpilih Formasi Kaur Perencanaan agar bersama-sama dengan Perangkat Desa Pasucen lainnya, mampu bersinergi melaksanakan pembangunan dengan didukung Administrasi, Informasi dan Tehnologi.

Kepala Urusan Perencanaan atau biasa disingkat Kaur Perencanaan adalah Perangkat Desa yang berkedudukan sebagai unsur staf Sekretaris Desa yang membidangi urusan perencanaan desa.

Kedudukan Kaur Perencanaan dalam pengelolaan keuangan desa adalah bertugas sebagai Pelaksana Kegiatan Anggaran (PKA), dalam struktur Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) sesuai bidang tugasnya.

Tugas Kepala Urusan Perencanaan (Kaur Perencanaan) :

Tugas pokok Kepala urusan perencanaan adalah membantu Sekretaris Desa dalam urusan pelayanan administrasi Perencanaan mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.

Secara specifik sesuai regulasi terkait Tugas Kepala Urusan Perencanaan (Kaur Perencanaan) berdasarkan Permendagri Nomor 84 Tahun 2015 Pasal 7 ayat (3) huruf (d) sebagai berikut :

  1. Menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa)
  2. Menginventarisir data-data pembangunan
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi program, serta
  4. Penyusunan laporan.

Selanjutnya berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 6 ayat (4). Tugas Kaur Perencanaan sebagai berikut :

  1. Melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban anggaran belanja sesuai bidang tugasnya.
  2. Melaksanakan anggaran kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  3. Mengendalikan kegiatan sesuai bidang tugasnya.
  4. Menyusun DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran, DPPA (Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran, dan DPAL (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Lanjutan) sesuai bidang tugasnya.
  5. Menandatangani Perjanjian kerja sama dengan penyedia atas pengadaan barang/jasa untuk kegiatan yang berada dalam bidang tugasnya; dan
  6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya, untuk pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa.

Pemerintah Desa Pasucen mengucapkan terima kasih kepada Muspika Kecamatan Trangkil, Panitia Pengisian Perangkat Desa Pasucen, Lembaga Desa dan seluruh warga Desa Pasucen, dengan terlaksananya Pelantikan dan Pengambilan Sumpaj/Janji Perangkat Desa terpilih tahun 2022 ini dapat berjalan Aman, Tertib dan Lancar.

Ahmad Fauzi, S.Ag Sekdes Pasucen.

About Pasucen 77 Articles
Pemdes Pasucen Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan